-->

Laa yang Menafikan Jenis

Laa Menafikan Jenis

Pembahasan yang akan kita bahas ini merupakan salah satu huruf yang menasikh ibtida'. Yaitu menjelaskan tentang laa yang dipakai untuk menafikan jenis. Secara garis besar, lafazh laa terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:
  1. Laa nahi yang masuk pada fi'il mudhari' dan berfungsi menjazamkannya. Contoh: لاَ تَفْعَلْ شَيْئًا = Janganlah kamu melakukan sesuatu.
  2. Laa Zaidah, atau dalam bahasa Indonesia dapat kita sebut dengan laa tambahan, seperti yang terdapat dalam firman Allah berikut:
    فَلَا وَرَبِّكَ لاَ يُؤْمِنُوْنَ حَتَّى يُحَكِّمُوْكَ فِيْمَا شَجَرَ بَيْنَهُمْ = Maka demi rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) sebagai hakim terhadapa perkara yang mereka perselisihkan, ... (An-Nisa: 65).
  3. Laa nafi.

Laa yang Menafikan Jenis

Laa nafi terbagi dua:
  1. Laa nafi yang masuk pada isi ma'rifah.
  2. Laa nafi yang masuk pada isim nakirah, 

Laa nafi yang masuk pada isim nakirah terbagi dua.
  • Laa nafi yang beramal seperti amal laisa yaitu merafa'kan isim dan menashabkan khabar. Contoh: لاَ رَجُلٌ جَالِسًا = Tiada seorang laki-laki yang duduk.
  • Laa nafi yang beramal seperti amal inna, yaitu laa untuk menafikan jenis, yang berarti meniadakan seluruh satuannya, sebagaimana yang dikatakan oleh pengarang kitab Syekh Syamsddin Muhammad Ar-Raa'ini:  "وَأَمَّا لاَ الَّتِيْ لِنَفْيِ اْلجِنْسِ فَهِيَ الَّتِيْ تُرَادُ بِهَا نَفْيُ جَمِيْعِ اْلجِنْسِ عَلَى سَبِيْلِ التَّنْصِيْص" = Laa untuk menafikan jenis adalah laa yang dimaksud adalah untuk meniadakan (menafikan) seluruh jenis dengan cara tanshih (menashkan nafi). 
    Contohnya
    ialah seperti:

    لاَرَجُلُ فِي الدَّارِ
    = Tidak ada seorang laki-lakipun di dalam rumah

    لاَحَولَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِالله
    = Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah

    Laa jenis ini beramal seperti amal inna, yakni menashabkan isim dan merafa'kan khabar dengan syarat isim dan khabarnya dua-duanya nakirah, dan isim dan laa harus bersambung (tidak boleh terpisah). Apabila isimnya dimudhafkan atau diserupakan dengan mudhaf maka hukum isim laa adalah mu'rab dengan dinashabkan.

    Contoh
    :

    لاَصَاحِبَ عِلْمٍ مَمْقُوْتٍ
    = Tiada seorang yang berilmupun terkutuk.

    لاَطَالِعًا جَبَلًا حَاضِرٌ
    = Tiada seorang pendaki bukitpun yang hadir
Isim yang diserukan dengan mudhaf ialah setiap isim yang mempunyai hubungan dengan isim yang menyempurnakan maknanya, (seperti lafazh jabalan pada contoh di atas, lafazh ini mempunyai hubungan dengan lafazh thaali'an, karena tidak akan sempurna makna thaali'an tanpa lafazh jabalan). Apabila isim laa berbentuk  mufrad, maka dimabnikan sesuai dengan keadaannya bila dinashabkan, sekalipun asalnya mu'rab (dengan harkat fathah bila dalam bentuk tunggal (mufrad), dan dengan harkat ya bila dalam bentuk tatsniyah dan jamak).

Yang dimaksud berbentuk mufrad pada pembahasan ini ialah isim yang yang bukan mudhaf dan bukan pula yang diserupakan dengan mudhaf, walaupun lafazh tatsniyah atau jamak. Dengan demikian, isim mutsanna dan isim jamak juga tercakup di dalamnya.

Berikut ketentuan i'rabnya:
  • Apabila isim laa berbentuk mufrad atau jamak taksir, maka dimabnikan atas harakat fathah, seperti pada lafazh berikut:

    لاَرَجُلَ حَاضِرٌ
    = Tiada seorang laki-laki pun yang hadir

    لاَرِجَالَ حَاضِرُوْنَ
    = Tiada para laki-laki yang hadir.
  • Apabila isim laaa berbentuk isim mutsanna atau jamak mudzakkar salim, maka dimabnikan atas harkat ya, seperti contoh berikut:

    لاَرَجُلَيْنِ فِي الدَّارِ
    = Tiada dua orang laki-laki di dalam rumah

    لاَ قَلئِمِيْنَ فِي السُّوْقِ
    = Tiada seorangpun yang berdiri di padar
  • Apabila isim laa berbentuk jamak muannats salim, maka dimabnikan atas harakat kasrah. Contoh:

    لاَمُسْلِمَاتِ حَاضِرَاتٌ
    = Tiada perempuan-perempuan muslimah yang datang

    Namun, Isim laa yang berbentuk jamak muannats salim ini terkadang juga dimabnikan atas harakat fathah.

Amal Laa yang Berulang-Ulang

Apabila dalam suatu kalimat (jumlah) terdapat lafazh laa yang berulang-ulang seperti kalimat : لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ, maka ketentuan i'rabnya adalah sebagai berikut:

  • Boleh fathah dan boleh rafa' pada isim nakirah yang pertama
    Boleh dibaca: لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَDan juga boleh dibaca: لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةَ
  • Apabila dimabnikan atas harakat fathah karena laa, maka pada isim yang kedua boleh dibaca dengan tiga cara.

Laa yang Menafikan Jenis

  1. Dimabnikan atas harakat fathah karena meletakkan laa kedua sama dengan laa yang pertama, dan laa yang kedua mempunyai amal sama dengan inna. Contoh: لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ.
  2. Boleh dibaca nashab atas dasar diathafkan secara mahal kepada isim laa. Berdasarkan pernyataan ini, maka laa yang kedua dianggap huruf zaidah yang diletakkan diantara 'athaf dan ma'thuf. Contoh: لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةً إِلاَّ باللهِ.
  3. Dibaca Rafa'. Hal ini mengandung tiga model bacaan. Pertama, hendaknya isim yang kedua isim diathafkan secara mahal kepada laa dan isimnya karena kedua isim tersebut berkedudukan dalam mahal rafa' sebagai mubtada. Hal ini menurut uraian mazhab Imam Sibawaih. Berdasarkan uraian ini laa dianggap huruf zaidah. Kedua, hendaknya laa yang kedua dianggap mempunyai amal sama dengan laisa. Ketiga, hendaknya isim yang kedua dirafa'kan karena dianggap sebagai mubtada, dan laa dianggap tidak beramal seperti dalam contoh: لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ. Contoh Lainnya adalah seperti ungkapan penyair berikut: هَذّا - لَعُمْرُكُمْ - الضَّغَارُ بِعَيْنِهِ * لاَأُمَّ لِيْ - إِنْ كَانَ ذَاكَ - وَلاَ أَبُ = Hal ini demi umur kalian, merupakan hal yang hina lagi rendah. Tiada ibu bagiku, apabila hal tersebut merupakan perkara yang terpuji, dan tiada ayah.

    Apabila ma'thuf 'alaih dinashabkan, maka bagi ma'thuf boleh dibaca tiga model bacaan seperti penjelasan di atas tadi, yaitu boleh dimabnikan, boleh dirafa'kan, dan boleh juga dinashabkan.

    Contoh:

    لاَ غُلَامَ رَجُلٍ وَلاَ اِمْرَأَةَ
    = Tiada seorang pelayan laki-laki dan tiada pula seorang pelayan perempuan.
Keterangan:
Lafazh لاَ اِمْرَأَةَ boleh dibaca لاَ اِمْرَأَةٌ, dan boleh pula dibaca لاَ اِمْرَأَةً.
  • Apabila isim pertama ma'thuf  'alaih dirafa'kan, maka pada isim kedua boleh dibaca dua model, pertama, dirafa'kan.

    Contoh:  لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةٌ إِلاَّ بالله. Kedua, dimabnikan atas harakat fathah, contoh:  لاَحَوْلٌ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بالله.

Isim Laa yang Di'athaf

Apabila kita meng'athafkan isim yang kedua kepada isim laa dan laanya tidak berulang-ulang, maka nakirah yang pertama wajib dimabni atas fathah dan nakirah yang kedua boleh dirafa'kan dan boleh dinashabkan. Contoh: لاَحَوْلَ وَقُوَّةٌ وَقُوَّةً = Tiada daya dan upaya.

Isim Laa yang Disifati

Apabila isim laa yang mufrad disifati dengan isim mufrad dan tiada suatu pemisahpun antara na’at dengan man’utnya, maka na’at atau sifat itu boleh dimabnikan atas harakat fathah (berdasar pada uraian bahwa na’at tersusun bersama isim laa).

Contoh:

لاَ رَجُلَ ظَرِيْفَ جَالِسٌ = Tiada seorang laki-laki cerdik pun yang duduk

Juga boleh dibaca nashab demi memelihara mahal isim laa.

Contoh:

لاَ رَجُلَ ظَرِيْفًا جَالِسٌ = Tiada seorang laki-laki cerdik pun yang duduk
Dan boleh dibaca rafa’ demi memelihara mahal laa dan dan isimnya, karena menurut mazhab Imam Sibawaih, Laa dan isimnya berada dalam mahal rafa’.

Contoh:

لاَ رَجُلَ ظَرِيْفٌ جَالِسٌ = Tiada seorang laki-laki cerdik pun yang duduk

Sedangkan Apabila terdapat pemisah antara na’at dengan man’ut, atau na’atnya bukan mufrad, maka na’atnya boleh ditentukan rafa’ dan nashab saja sebagai I’rabnya.

Contoh:

لاَ رَجُلَ ظَرِيْفٌ / ظَرِيْفًا = Tiada seorang laki-laki cerdik pun yang duduk

Dan
لاَ رَجُلَ طَالِعًا/طَالِعُ جَبَلٍ حَاضِرٌ = Tiada seorang pendaki bukitpun yang datang.

Ketentuan bagi Khabar Laa

Apabila khabar laa tidak diketahui, maka wajib menyebutkannya (tidak boleh dibuang) seperti yang telah dicontohkan sebelumnya, yaitu:

لاَ صَاحِبَ عِلْمٍ مَمْقُوْتٌ = Tidak seorang yang berilmu pun terkutuk.

Juga seperti Sabda Rasulullah:

لاَ أَحَدَ أَغْيَرُ مِنَ اللهِ = “Tiada satupun yang lebih cemburu daripada Allah”. Maksud cemburu: (terhadap hal-hal yang diharamkan-Nya apabila dilanggar)

Membuang khabar laa

Apabila makna yang dimaksud oleh khabar itu diketahui/jelas maka kebanyakan khabar digugurkan.

Contoh:

فَلَا فَوْتَ أَيْ لَهُمْ = Maka mereka tidak dapat melepaskan diri (bagi orang-orang kafir). (Saba’: 51)

وَلاَ ضَيْرَ أَيْ عَلَيْنَا = Tidak ada kemudharatan (bagi kami). (asy-Syura: 50).

Contoh lainnya ialah

لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ أَيْ لَنَا = Tiada daya dan tiada upaya (bagi kami).

Isim Laa dengan Isim Ma’rifah

Apabila laa masuk kepada isim ma’rifah atau terpisah antara laa dengan isimnya, maka wajib mengihmalkan (meniadakan pengamalan) laa, dan merafa’kan lafazh sesudah laa karena sebagai mubtada dan khabar (bukan isim laa dan khabarnya, tetapi khabar dari mubtada) dan wajib mengulang-ngulang laa.

Contoh:

لاَزَيْدٌ فِي الدَّارِ وَلاَعَمْرٌ = Tiada Zaid di dalam rumah dan tiada pula ‘Amr

لاَفِي الدَّارِ رَجُلٌ وَلاَ امْرَأَةٌ  = Tiada di dalam rumah seorang laki-laki pun dan tiada pula seorang perempuan.

Termikasih telah membaca artikel tentang Laa yang Menafikan Jenis, emoga bermanfaat!
loading...

0 Response to "Laa yang Menafikan Jenis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel