-->

Doa Agar Dijadikan Hamba Yang Bersyukur oleh Allah

Nahwu.top | Pada artikel ini kami akan menuliskan artikel tentang Doa agar dijadikan hamba yang bersyukur oleh Allah, sebelum mengetahui doa tersebut, seyogyanya kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan bersyukur.

Bersyukur merupakan perbuatan yang bertujuan untuk berterimakasih kepada Allah atas segala limpahan nikmat yang telah diberikan kepada seorang hamba. Ketika diberikan nikmat oleh Allah ta'ala baik itu sedikit maupun banyak wajib kita syukuri, karena orang yang selalu bersyukur akan ditambahkan baginya kenikmatan oleh Allah. Sebagaimana firman Allah dalam Surat Ibrahim ayat 7 berikut:

Doa Agar Dijadikan Hamba Yang Bersyukur oleh Allah

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Bagaimana ciri-ciri orang yang bersyukur? Orang yang bersyukur kepada Allah adalah dia yang menyadari, mengakui bahwa apa yang dimilikinya murni pemberian Allah, dan bukan karena usahanya semata. Sedangkan mereka yang melupakan, dan tidak mengakui setiap yang dimilikinya adalah pemberian dari Allah disebut kufur nikmat.

Doa agar menjadi hamba yang bersyukur:

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ
Artinya: Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh. (QS. An-Naml: 19)

Nabi Sulaiman 'Alaihi Salam memanjatkan doa di atas tatkala mendengar perkataan seekor semut yang memerintahkan semut-semut lainnya masuk ke sarang agar tidak terinjak oleh Nabi Sulaiman dan tentaranya yang akan melewati jalan tersebut.

Tujuan Nabi Sulaiman membaca doa tersebut agar beliau selalu diilhami rasa syukur atas setiap karunia yang telah Allah Ta'ala berikan kepadanya. Selain itu, di dalam doa tersebut juga terkandung permohonan agar kita senantiasa mampu melaksanakan perbuatan-perbuatan yang diridhai Allah dan permohonan agar dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang shaleh. Doa tersebut sangat baik diamalkan agar kita menjadi sosok yang selalu bersyukur dan tidak sombong kepada Allah Ta'ala.

Demikian Doa agar dijadikan hamba yang bersyukur oleh Allah yang terdapat dalam surat An-Naml ayat 19. Semoga bermanfa’at, Wallahu a’lam.
loading...

0 Response to "Doa Agar Dijadikan Hamba Yang Bersyukur oleh Allah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel