-->

Harkat, Huruf 'Illat dan Tadh'if dalam Bahasa Arab 2015

Harkat, Huruf 'Illat dan Tadh'if dalam Bahasa Arab 2015

Assalamu'alaikum!
Hari ini saya akan menuliskan artikel tentang pengertian dan pembagian harkat dalam bahasa arab.
 
Pengertian Harkat, Huruf "illat dan Tadh'if dalam Bahasa Arab 2015

Harkat

Mungkin teman-teman pernah mendengar kata harkat saat belajar Bahasa Arab, sebagian sudah tau sebagian yang lain tidak tahu,  mau bertanya sama ustadz malu karena udah rame yang tau, hehehe. daripada malu-malu mending langsung saya jawab saja. 

Harkat itu artinya baris-baris. Dan baris-baris dalam Bahasa Arab terbagi kedalam sembilan bentuk:
  1. Dhammah (ـــــُــ), contohnya مُ , سُ هُ . Baris (ـــــُــ) yang terletak di atas huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris dhammah.
  2. Fathah (ـــــَــ), contohnya مَا , سَا , هَا . Baris (ـــــَــ) yang terletak di atas huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris fathah.
  3. Kasrah (ـــــِـ), contohnya مِ , سِ , هِ . Baris (ـــــِـ) yang terletak di bawah huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris kasrah. 
  4. Sukun (ـــــْــ), contohnya مِنْ , عَنْ , مَنْ . Baris (ـــــْــ) yang terletak di atas huruf nun itu disebut baris sukun. 
  5. Syaddah/tasydid (ـــــّــ), contohnya اَلَّذِيْ dan اَلَّتِيْ . Baris (ـــــّــ) yang terletak di atas huruf lam itu disebut baris syaddah atau juga bisa disebut tasydid. 
  6. Tanwin Dhammah (ـــــٌــ), contohya مٌ , سٌ هٌ . Baris (ــــٌــ) yang terletak di atas huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris tanwin dhammah atau juga bisa disebut dhammatain. 
  7. Tanwin Fathah (ـــــًــ), contohnya مًا , سًا , هًا . Baris (ـــــًـ) yang terletak di atas huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris tanwin fathah atau fathatain. 
  8. Tanwin Kasrah (ـــــٍـ), contohnya مٍ , سٍ , هٍ. Baris (ــــٍــ) yang terletak di bawah huruf yang saya tuliskan tersebut adalah baris tanwin kasrah atau kasratain.
  9.  Maddah (~), contohnya لآ , آ . Baris (~) yang terletak di atas huruf alif dan lam itu disebut baris maddah.

Huruf I'llat dan Tadh'if

Huruf 'illat terbagi tiga. Yaitu أ , و dan ي . 'Illat artinya sebab atau penyakit, dinamakan seperti itu karena ketiga huruf ini sering menjadi sebab dalam memanjangkan huruf lain, dan juga sering dibuang dari satu kalimat karna tidak perlu.

Sedangkan huruf tadh'if adalah huruf kembar (double) yang beridgham seperti: فَرَّ , عَدَّ dan sebagainya. Idhgam artinya memasukkan satu huruf kepada satu huruf  seperti فَرَرَ dijadikan فَرَّ dan عَدَدَ dijadikan عَدَّ .

Demikianlah artikel tentang Pengertian Harkat, Huruf 'Illat dan Tadh'if dalam bahasa arab 2015 ini saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!



Sumber: كتاب التصريف، ترتيب: حسن بن أحمد
loading...

0 Response to "Harkat, Huruf 'Illat dan Tadh'if dalam Bahasa Arab 2015"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel